"Dunia berjalan ke belakang dan akhirat berjalan ke depan. Keduanya memiliki pengikut. Jadilah pengikut akhirat dan jangan menjadi pengikut dunia. Sebab, hari ini adalah amal dan bukan hisab, sedangkan besok adalah hisab dan tidak ada amal."

Minggu, 10 Juli 2011

macam-macam syafa'at

macam macam syafaat pada hari kiamat,
ada berbagai macam syafaat, dan yang paling besar adalah syafaat (uzhma) syafaat terbesar. Yang terjadi pada saat manusia di kumpulkan pada hari kiamat, setelah lima puluh ribu tahun manusia menunggu keputusan terhadap mereka, lantas Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasalam memberi syafaat di sisi Rabbnya dan memohon kepadanya untuk memutuskan urusan mereka. Syafaat ini hanya dimiliki oleh Nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wasalam, dan merupakan kedudukan terpuji yang di janjikan untuk beliau.

Kedua,, syafaat untuk meminta di bukanya pintu surga. Orang yang pertama kali dibukakan pintu surga adalah nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi wasalam dan umat yang pertama kali masuk surga adalah umat beliau.
Ketiga,, syafaat untuk sekelompok kaum yang telah diperintahkan untuk dimasukan ke dalam api neraka.
Keempat,, syafaat untuk pelaku maksiat dari kalangan ahli tauhid yang telah masuk neraka, agar dikeluarkan dari neraka.
Kelima,, syafaat untuk mengangkat derajat suatu kaum dari penghuni surga.
Ketiga macam syafat terahir ini (syafaat ketiga, keempat dan kelima) tidak di khususkan untuk Nabi kita, tapi beliau adalah Nabi yang di beri kesempatan terlebih dahulu. Setelah beliau, kemudian yang memberikan syafaat adalah para nabi, malaikat, orang soleh, dan para syuhada.
Keenam,, syafaat untuk sekelompok manusia agar masuk surga tanpa hisab
ketujuh,, syafaat untuk mendapatkan keringanan azab bagi sebagian orang kafir. Syafaat ini adalah khusus untuk nabi untuk paman beliau abu thalib, agar azabnya diringankan.
Kemudian Allah dengan rahmatnya mengeleuarkan sekelompok orang yang meninggal dunia dalam keadan tauhid dari api neraka, tanpa syaafat dari siapapun. Jumlah mereka tidak ada yang bisa menghitungnya kecuali allah, lalu dimasukan kedalam surga karena rahmatnya.Share